Home Sejarah Desa
Sejarah Desa
Kamis, 13 April 2023 00:00:00
Administrator

Sejarah Desa

Pada Tahun 1975 ada sebagian kecil masyarakat Desa Jelarai Selor yang ingin meningkatkan perekonomian mereka melalui bercocok tanam dengan pola tanaman jangka panjang, yaitu berkebun. Kebun yang dimaksud adalah :

  • Kebun Kelapa ditambah dengan Jambu Mente
  • Kebun Cengkeh ditambah dengan Jambu Mente

Yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani dibawah pembinaan Dinas Perkebunan Kabupaten Bulungan. Sebagai Pembina Penyukuh Lapangan (PPL) adalah bapak Hamjah. Atas saran dan petunjuk beliau, dibentuklah dua Kelompok Tani Kebun (HKTI) dan kemudian disusun pengurus dan anggota kelompok.

Kebun kelapa berlokasi di dataran kanan dan kiri sungai Mangka Buah. Pada tahun 1975 dimulai penanaman. Anggota dan pengurus terdaftar sebanyak kurang lebih 20 orang. Sebagai ketua kelompok adalah Bapak Ngau Alung. Sedangkan kebun Cengkeh + Jambu mente berlokasi di sekitar daratan Sungai Tengkapak. Penanaman tahap pertama dimulai pada tahun 1976, kemudian pada tahun 1977 – 1978 penanaman tahap kedua. Anggota dan pengurus terdaftar sebanyak kurang leih 25 orang dan sebagai ketua kelompok adalah bapak Udau Suwau.

Pada tahun 1977 seiring dengan situasi dan kondisi, anggota besertakeluarga kelompok tani yang masih terpisah-pisah tempat tinggal mereka dengan pondok yang terbuat dari kayu bulat dan atapnya dari daun nipah. Dengan keadaan demikian, untuk berkomunikasi sangat sulit.

Untuk mengatasi hal-hal demikian kepala keluarga yang juga terdaftar sebagai pengurus dan anggota kelompok bersepakat satu hati seia sekata memutuskan untuk mendirikan sebuah pemukiman di dataran Tengkapak pada tahun 1979. Kemudian pemukiman tersebut disusulkan ke pemerintah Desa Jelarai Selor untuk dijadikan sebuah Rukun Tetangga (RT). Atas persetujuan Kepala Desa (Bapak Anget Labung) maka disahkan sebagai RT. 6 Tengkapak dengan alamat Jalan Pantai Indah dan sebagai Ketua RT adalah Bapak Udau Suwau.

Tahun 1980 RT. 6 Tengkapak di bawah pimpinan Udau Suwau mulai membuat rencana dan menyusun program pembangunan untuk masa depan Tengkapak, dua tahun kemudian (1982). Rombongan Ding Udau (Alm) pindah dari Long Sungai Apau Kayan ke Long Peso pada tahun 1979, dan pada tahun 1982 pindah dari Long Peso akibat kemarau panjang untuk dating membuat sawah pasang surut di Tengkapak kurang lebih 32 KK. Oleh karena dekat dengan Kota Tanjung Selor dan dekat untuk pergi berobat serta anak-anak pergi sekolah, sehingga mereka menetap di Tengkapak sampai pada hari ini.

Pejabat Kepala Desa Tengkapak semenjak berdirinya Desa adalah sebagai berikut :

  1. Lukas Padan Periode tahun 2007 s/d 2013 Kades Pertama
  2. Marthinus Libang Periode tahun 2013 s/d 2019 Kades Kedua
  3. Abdul Wahab. B Periode tahun 2019 s/d 2021 Pejabat Kepala Desa
244
Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image
APBDes 2024

Data belum diinput

APBDes 2023

Data belum diinput

Realisasi APBDes 2023

Data belum diinput